Pulau Tidung kepulauan seribu , Short Gate Away From Jakarta

SHARE

Memanfaatkan libur akhir pekan, Sabtu Minggu, keluar dari Jakarta. Tentu tidak banyak pilihan kota, jika memang akan pergi tentu hanya akan menghabiskan waktu di jalan. Ingin ke Bali, tentu harga tiket melambung tinggi. Kenapa tidak mencoba menikmati pulau seribu yang hanya berjarak beberapa puluh kilometer dari Jakarta saja. Pulau Tidung bisa menjadi pilihan tepat, bahkan tidak membutuhkan budget besar.

Wisata Pulau Tidung kepulauan seribu jakarta

Tidak banyak orang yang tahu tentang pulang tidung, tenang saja bagi Anda yang baru pertama kali pergi liburan ke pulau. Ini merupakan pulau berpenghuni penduduk lokal, sehingga tidak akan menemukan banyak kesulitan dan tidak perlu banyak membawa barang-barang, cukup kebutuhan pribadi saja.

transfortasi pulau tidung

Banyak sekali anak muda dan kaum milenial yang ingin menghilang sejenak dari Jakarta memilih pergi ke pulau kecil di sekitar, bahkan bisa dilakukan pulang pergi dalam satu hari saja. Namun lebih menyenangkan, jika Anda menikmati satu malam di pulau kecil sehingga terbangun dengan deburan ombak dan sunrise sebenarnya.

Bagaimana bisa kesana? Padahal Anda pendatang dan tidak terlalu paham dengan Jakarta. Jangan takut, coba keluarkan jiwa petualangan. Bahkan tidak memerlukan budget besar, tidak lebih dari satu juta rupiah. Ini sudah termasuk petualangan laut dan pulau, akomodasi pulang pergi dan penginapan satu malam.

Budget liburan juga akan lebih rendah jika datang bersama kawan-kawan, dimana banyak penginapan untuk sharing (berbagi), bahkan cocok untuk membawa keluarga tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi. Namun satu pertanyaan besar, apa yang ada di Pulau Tidung dan kenapa harus datang kesana? Padahal tidak semua orang tahu apa yang ada disana, maka dari itu harus cari tahu apa yang ada disana terlebih dahulu.

Pulau Tidung Besar dan Kecil

Nantinya, setelah sampai di Pulau Tidung, Anda akan diantar ke Tidung besar. Pasalnya ini sudah berpenduduk dan welcome untuk wisatawan. Dimana sudah tersedia penginapan, tempat wisata dan memberikan fasilitas untuk menikmati pulau. Bahkan nyaman untuk membawa anak-anak tanpa takut dengan keamanan dan kenyamanan.

lokasi pulau tidung dari map Google

baca juga :

Sedangkan, jika penasaran dengan Tidung Kecil, disarankan hanya dikunjungi saat siang hari saja. Ukurannya memang lebih kecil, bisa dijadikan tempat rekreasi untuk jalan-jalan hingga jogging pagi atau sore hari. Di sana tidak disarankan untuk menginap, namun bisa jika membawa tenda sendiri dan sudah memiliki makanan yang cukup.

Jembatan Cinta

Ini yang paling dinantikan dari Pulau Tidung. Pasalnya ada jembatan melengkung yang menghubungkan Tidung Besar dan Kecil. Uniknya jembatan ini terlihat dari jauh sebelum merapat ke Pulau Tidung, karena memang menjadi jembatan yang menghubungkan dua pulau tersebut. Ini akan sangat bagus menjadi spot menyaksikan sunset dan sunrise.

wisata pulau tidung jakarta

Namun tidak disarankan untuk melintasi jembatan cinta pada malam hari. Sebab tidak memiliki pencahayaan yang cukup karena Tidung Kecil tidak berpenghuni dan tidak memiliki sumber listrik sehingga cukup gelap. Selain itu, jembatan cinta berada di tengah laut, sehingga di malam hari angin lebih kencang dan membuat Anda bisa terjatuh nantinya.

Bahkan jika Anda berani, banyak wisatawan yang melompat dari jembatan cinta, bukan karena frustrasi atau melakukan tindakan yang negatif. Melainkan bisa memacu adrenalin dan terbukti aman, karena tidak terlalu tinggi. Jadi jangan heran, jika sore hari banyak laki-laki, biasanya yang suka melompat dan menikmati pantai.

Panorama Bawah Laut

Kurang afdol jika datang ke kepulauan Jakarta, namun tidak menikmati snorkeling atau menyelam di bawah laut. Tempat wisata ini memiliki pemandangan laut Pulau Tidung yang sangat memukau. Tidak perlu menggunakan alat selam lengkap, gunakan saja kacamata dan lakukan penyelamatan dangkal, sudah terlihat keindahan bawah laut dengan terumbu karang yang sangat terlihat indah.

bawah laut pulau tidung jakarta

Bukan itu saja, Anda bisa menyaksikan semua ikan laut yang berwarna. Ini cocok untuk anak-anak sekaligus, penyelamatan juga tidak perlu berada di tengah laut, cukup di pinggir saja, sudah bisa menyaksikan langsung pemandangan laut. Namun jika ingin melihat biota laut secara keseluruhan, lakukan penyelaman hingga kedalaman 5 meter dari permukaan laut, maka bisa melihat semua surga yang tersembunyi.

Bersepeda Keliling Tidung Besar dan Kecil

Ini aktivitas yang menyenangkan dilakukan pagi dan sore hari, karena udara di sekitar pulang sangat sejuk dan menjadi kegiatan semua wisatawan yang datang kesini. Jika datang bersama keluarga, bisa memilih sepeda tandem (sepeda terikat satu sama lain). Sudah pasti tidak perlu membawa sepeda dari jakarta, sudah ada penyewaan sepeda di Pulau Tidung besar. Harga sewanya juga per hari, bahkan tidak terlalu mahal dan bisa digunakan untuk berkeliling ke seluruh penjuru Pulau Tidung Besar dan Kecil.

Sunrise dan Sunset Tidung dari Jembatan Cinta

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen, apalagi jika sedang berada di Pulau Tidung. Pastikan memilih spot jembatan cinta untuk mendapatkan sunset dan sunrise. Ini jadi tempat romantis untuk pasangan kekasih, namun bisa tetap mendapatkan momennya bersama keluarga. Datang pada pagi dan sore hari, dan dapatkan pengalaman tak terlupakan. Anda tetap bisa mendapatkan sunset dan sunrise dalam satu hari perjalanan, datang saja sebelum matahari terbit maka bisa menikmati sunrise dari kapal atau sampai hingga dermaga. Bahkan sunset bisa didapatkan, karena transfortasi terakhir saat matahari tengah tenggelam

sunset pulau tidung

Akomodasi di Pulau Tidung

Anda tidak perlu membawa kendaraan pribadi untuk datang ke Pulau Tidung karena sudah ada kendaraan umum. Anda bisa memulai petualangan dari Muara Angke, sudah ada kapal yang siap ke beberapa pulau mulai pukul 07.00 WIB, ini memungkinkan untuk kembali di sore hari jika memang tidak ingin menginap.

penginapan pulau tidung

Namun ada titik poin lainnya yang lebih nyaman, ini berada di Muara Angke baru yaitu Pelabuhan Kali Adem. Ini memang lebih nyaman dan menyenangkan jika membawa keluarga, namun harganya lebih mahal. Namun sudah ada dermaga dan setiap kapal hanya berkuota empat orang, sehingga tidak perlu menunggu banyak pengunjung baru bisa memulai petualangan.

Setelah sampai di Pulau Tidung, Anda bisa beristirahat di beberapa penginapan yang merupakan usaha penduduk lokal. Jadi tenang saja, harganya bisa menyesuaikan dan tidak akan menganggap wisatawan dari luar, harga makanan juga normal sehingga tidak akan membutuhkan budget besar. Banyak backpacker yang lebih memilih penginapan penduduk, karena lebih murah dan nyaman untuk memulai petualangan selanjutnya.

Ada juga penginapan untuk keluarga dengan kamar lebih besar, bisa juga memilih penyewaan satu rumah agar lebih nyaman. Selain itu, view yang diberikan sudah pasti menghadap pantai, bahkan Anda bangun dengan deburan ombak. Ini sebanding dengan apa yang Anda dapatkan nantinya, biasanya sudah ada paket yang termasuk dengan makanan.

Apa lagi yang Anda tunggu, kenapa tidak menghabiskan waktu akhir pekan lebih menyenangkan dengan one gate away ke Pulau Tidung. Jika memang baru ingin pergi di hari Minggu, tetap ada kapal terakhir pada pukul 17.00 WIB, ini akan membawa Anda kembali merapat di Jakarta. Tubuh tidak akan terlalu lelah, mendapatkan pengalaman tak terlupakan dan bisa bersenang-senang tanpa harus menabung terlalu lama, ini akan jadi liburan singkat menyenangkan.